Mengenai Guru Berbagi

Guru Berbagi adalah komunitas guru dan dosen di Indonesia yang diciptakan untuk saling berbagi dan berkolaborasi untuk kebaikan dan kemajuan pendidikan di Indonesia. Guru Berbagi mencapai tujuan utama ini dengan menjadi ruang yang memberikan kebebasan berekspresi melalui berbagi informasi, opini, ide, karya, dan pengalaman para guru dan dosen. Berbagai kegiatan dalam komunitas, baik secara online maupun offline, akan menjadi panggung ekspresi bersama para edukator (pendidik) Indonesia yang tergabung dalam komunitas ini.


Nilai-Nilai Guru Berbagi

Guru Berbagi dibuat dengan nilai-nilai sebagai berikut:

  1. Kebebasan Berekspresi: setiap anggota berhak menyebarluaskan informasi, beropini, memberikan ide, menyuarakan karya dan pengalaman dengan bertanggung jawab.
  2. Toleransi: setiap anggota wajib menghargai keberagaman informasi, opini, ide, karya, dan pengalaman orang lain.
  3. Kerendahan Hati: setiap anggota wajib memiliki kerendahan hati untuk saling belajar dari informasi, opini, ide, karya, dan pengalaman orang lain.
  4. Kemajuan Bersama: setiap anggota wajib membagikan informasi, opini, ide, karya dan pengalaman dengan tujuan agar seluruh edukator dapat maju bersama.
  5. Berdampak Luas: setiap anggota berhak menjadi konektor dan mobilisator untuk menyebarluaskan berbagai informasi, opini, ide, karya, dan pengalaman para anggota dan mengenai Guru Berbagi kepada komunitas yang lebih luas guna memperluas dampak yang dapat diberikan.

Kegiatan Guru Berbagi

Guru Berbagi memiliki 2 jenis kegiatan utama, yaitu secara online dan offline.

Kegiatan online:

  • Berbagi informasi, opini, ide, karya, dan pengalaman, melalui situs web Guru Berbagi.
  • Berbagi informasi, opini, ide, karya, dan pengalaman, melalui platform media sosial Guru Berbagi.
  • Berbagi informasi seputar Guru Berbagi dengan komunitas yang lebih luas.

Kegiatan offline:

  • Mengadakan seminar, workshop, talk show, ataupun bentuk kegiatan lainnya, dengan anggota Guru Berbagi sebagai pembicara dan narasumber.
  • Mengadakan pertemuan anggota secara periodik untuk menjadi ajang diskusi berbagai isu menarik seputar dunia pendidikan.
  • Mendukung berbagai kegiatan seputar dunia pendidikan dengan ikut serta sebagai bagian dari komunitas pendidikan yang lebih luas.

Dibalik Guru Berbagi

Guru Berbagi dibuat oleh para edukator Indonesia dengan berbagai pengalaman dan karya. Dicetuskan pada 2017 oleh:

  • Johan Jang: edukator di perguruan tinggi dengan pengalaman mengajar pada ilmu komunikasi dan bisnis diberbagai kampus.
  • Meilianny: edukator dengan pengalaman lebih dari 15 tahun mengajar, termasuk sebagai koordinator kurikulum International Baccalaureate (IB).
  • Sherly Shen: edukator Bahasa Mandarin sekaligus koordinator dalam jenjang SMA untuk sebuah lembaga Bahasa Mandarin.

Para founder akan menjadi moderator dalam berbagai kegiatan Guru Berbagi, sekaligus organizer untuk berbagai kegiatan offline yang akan dibuat.