Pembelajaran Berbasis Inkuiri

Belajar melalui penyelidikan atau yang lebih dikenal dengan pembelajaran berbasis inkuiri adalah salah satu bentuk belajar yang paling ‘alami’ dan organik.

Selain belajar melalui permainan, bimbingan, dan pembelajaran mandiri, pembelajaran berbasis inkuiri  terjadi ketika kita merencanakannya atau tidak. Bila ada orang yang penasaran atau bingung dan kemudian menggunakan rasa ingin tahu atau kebingungan untuk mendorong pembelajaran mereka sendiri, mereka sedang melakukan ‘pembelajaran berbasis penyelidikan’.

Pembelajaran berbasis inkuiri memberikan kerangka bagi siswa untuk menggunakan satu atau lebih pertanyaan yang mana pertanyaan tersebut akan sering berubah dalam perkembangan seiring dengan berubahnya tingkat pengetahuan siswa untuk belajar. Ini adalah pendekatan yang sesuai dengan tren pengajaran lainnya seperti pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran campuran, pembelajaran berbasis tantangan, pendidikan berbasis tempat dan banyak lagi.

Sylvia Duckworth mengilustrasikan pertanyaan yang dapat membantu mengilhami gagasan pembelajaran berbasis penyelidikan yang bertindak sebagai katalisator untuk keingintahuan dengan cara yang membuat dampak pendidikan saat siswa mengeksplorasi kemampuan memecahkan masalah mereka dan ditambah  elemen yang dipersonalisasi saat memilih proyek pembelajaran berbasis penyelidikan dengan pertanyaan seperti:

  • Apa yang akan saya pelajari?
  • Apa yang akan saya ciptakan?
  • Apa yang akan saya selesaikan?
  • Apa yang saya cintai?
  • Apa minat saya?
  • Bagaimana saya bisa membuat dampak?

Menurut Terry Heick dalam Tahap Pembelajaran Berbasis Inquiry: Panduan untuk Guru, ada beberapa model pembelajaran berbasis penyelidikan yang berbeda, namun sebagian besar memiliki beberapa elemen umum yang sama yaitu:

  1. Pembelajaran difokuskan pada masalah bermakna dan tidak terstruktur yang  menuntut pertimbangan perspektif yang beragam
  2. Konten akademis-pembelajaran terjadi sebagai bagian alami dari proses saat siswa berupaya menemukan solusi
  3. Peserta didik, bekerja sama, berperan aktif dalam proses pembelajaran
  4. Guru memberi peserta didik dukungan belajar dan beragam sumber informasi untuk membantu siswa dalam menemukan solusi dengan sukses
  5. Peserta didik berbagi dan membela solusi secara terbuka dengan cara tertentu.

Kemudian, guru meneruskan proses berbasis penyelidikan ke dalam tahap termasuk interaksi, klarifikasi, tanya jawab dan desain, yang dirangkum dibawah ini.

4 Tahap Pembelajaran Berbasis Inquiry

Interaksi
Fakta bahwa penyelidikan bersifat terbuka dan berbasis rasa ingin tahu, maka metode penelitian tradisional mungkin bukan cara yang paling efektif atau menarik untuk diselidiki. Berikan dorongan bagi siswa untuk berinteraksi dengan bahan dan sumber unik seperti rekan sejawat, pakar, atau media formal dan informal dengan cara yang menyenangkan dan eksploratif. Siswa harus terlibat dalam menemukan metode penelitian yang diminati dan tersedia bagi mereka.

Klarifikasi
Klarifikasi terjadi saat siswa mulai menggali materi dan mendapatkan pemahaman tentang topik pilihan mereka yang lebih besar, pemikiran mereka sendiri tentang masalah ini, dan langkah-langkah apa yang mungkin diperlukan untuk menangani proyek ini. Siswa harus berfokus pada kemungkinan, kredibilitas sumber, dan memiliki pemahaman penuh tentang fakta dan opini terkait dan potensi pengaruhnya terhadap pekerjaan mereka sendiri.

Pertanyaan
Salah satu tahap yang lebih kritis dari pembelajaran berbasis pertanyaan adalah pertanyaan. Saat siswa mulai mengajukan pertanyaan untuk mendorong penyelidikan yang diarahkan sendiri, setiap titik lemah dalam pemikiran atau pemahaman mereka harus menjadi jelas dengan cara yang membantu mereka menyadari keterbatasan lingkup pekerjaan mereka, atau mulai mengembangkan pemahaman tentang informasi apa yang kurang , dan bergerak maju untuk mengatasi kesenjangan dalam pengetahuan.

Desain
Tahap akhir dari proses pembelajaran berbasis penyelidikan berkonsentrasi pada disain, atau kemampuan untuk menciptakan produk yang informatif dan didorong rasa ingin tahu yang memenuhi permintaan awal secara kreatif. Hasil akhir ini adalah jawaban atau solusi dan harus menunjukkan prosesnya – dan walaupun tidak dapat dipungkiri apa yang akan difokuskan siswa, pembelajaran yang sebenarnya terjadi di sepanjang jalan.

One thought on “Pembelajaran Berbasis Inkuiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s