Mengajar dengan Teknologi: 4 Hal Yang Perlu Dipikirkan

Mengajar dengan bantuan teknologi sudah tentu menjadi salah satu hal yang penting di masa saat ini. Siswa yang sudah terkoneksi dengan teknologi, internet, smartphone, tablet, laptop, dan segala bentuk gadget lainnya, menjadikan guru pun bisa memanfaatkan hal ini. Tentunya sebelum memutuskan untuk mengajar dengan teknologi, terdapat 4 hal yang perlu menjadi pertimbangan guru. Ke-empat hal ini adalah untuk Anda yang mengajar di sekolah yang belum mengadopsi teknologi tertentu sebagai standar sekolah.

Siswa

Pertimbangan pertama adalah kondisi dari siswa sendiri. Yang perlu dipertimbangkan bukan ke arah ketersediaan teknologi. Untuk hal ini, pada umumnya, terutama di kota besar, siswa sudah memiliki gadget mereka sendiri. Jika belum, sekolah biasanya menyediakan lab komputer yang bisa digunakan. Beberapa sekolah bahkan sudah menyediakan gadget seperti tablet untuk digunakan siswa dalam kelas.

Pertimbangan mengenai siswa lebih ke arah gaya belajar mereka, dan level penggunaan teknologi. Gaya belajar adalah mengenai apakah siswa sudah memiliki kebiasaan belajar dengan bantuan teknologi ini. Misalnya dengan menonton video untuk menguasai bahan tertentu. Berikutnya adalah level penggunaan teknologi. Meskipun siswa sudah terkoneksi dengan teknologi, namun belum tentu mereka menggunakan teknologi untuk kebutuhan sekolah/kuliah mereka. Bisa saja Anda menemukan bahwa siswa hanya tahu sebatas media sosial yang mereka gunakan. Web atau aplikasi lainnya pun tidak dimengerti, misalnya Google Docs, Office 365, dsb.

Guru

Faktor Anda sendiri sebagai guru ternyata punya andil penting, terutama untuk 2 hal utama: level penggunaan teknologi dan ketersediaan waktu. Sama halnya dengan siswa, level penggunaan teknologi Anda pun akan sangat memengaruhi teknologi apa yang akan digunakan. Jika Anda belum terbiasa dan bahkan tidak mengenal website atau aplikasi tertentu, maka sudah waktunya Anda bertanya ke rekan kerja, komunitas, atau mencari di Google mengenai berbagai website dan aplikasi yang bisa berguna untuk membantu kerja Anda sebagai guru. Paksa diri Anda untuk keluar dari zona nyaman dan pemikiran bahwa “saya gaptek!”.

Berikutnya adalah ketersediaan waktu. Penggunaan teknologi biasanya secara otomatis akan menambah beban kerja Anda. Umumnya, ketika Anda mempersiapkan penggunaan teknologi, maka bahan-bahan ajar, kuis, games, dsb, perlu Anda persiapkan. Namun jangan khawatir karena hal ini biasanya terjadi hanya di masa persiapan ketika teknologi akan diimplementasikan untuk pertama kalinya. Di semester berikutnya, Anda dapat menggunakan kembali seluruh hal tersebut, dengan perubahan yang berasal dari evaluasi terhadap semester lalu.

Konten Pembelajaran

Berikutnya yang perlu dipikirkan adalah bagaimana memadukan antara konten pembelajaran yang sudah Anda miliki, biasanya dalam bentuk SAP, dengan teknologi yang akan digunakan. Hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah melihat tujuan pembelajaran atau learning objective mata pelajaran tersebut. Tujuan pembelajaran ini haruslah menjadi dasar Anda memutuskan teknologi seperti apa dan bagaimana teknologi dapat membantu mencapai hal-hal yang ingin dituju. Misalnya, jika tujuan pembelajarannya adalah: ‘siswa mampu menciptakan sebuah karya seni menggunakan bahan-bahan natural dari alam’, maka mungkin teknologi yang Anda butuhkan lebih ke arah siswa mampu mencari inspirasi dari internet, dan melaporkan progress pekerjaan mereka menggunakan bantuan Google Docs yang di share dengan email Anda.

Selain tujuan pembelajaran, yang perlu dilihat juga adalah bagaimana setiap bahan dapat diakses, dijelaskan, dan dilakukan asesmen menggunakan bantuan teknologi. Untuk akses mungkin adalah hal yang paling mudah karena teknologi saat ini sudah memungkinkan kemudahan meng-upload bahan dalam beragam format, termasuk PDF. Untuk menjelaskan bahan, selain menjelaskan langsung di kelas, terkadang Anda membutuhkan bantuan file video atau audio sebagai sumplemen. Mungkin yang paling sulit adalah memikirkan mengenai asesmen yang diberikan. Beberapa website sebagai google forms memungkinkan Anda membuat kuis. Untuk asesmen seperti paper, maka teknologi yang Anda gunakan harus memungkinkan user dapat melakukan upload hasil pekerjaan mereka.

Jenis Teknologi

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah jenis teknologi. Yang masih sering salah kaprah adalah guru seringkali memikirkan jenis teknologi sebagai hal pertama. Padahal, jenis teknologi adalah hal yang harus menyesuaikan dengan siswa, guru, dan konten pembelajaran.

Terdapat ratusan bahkan ribuan teknologi yang dapat membantu Anda. Yang paling sederhana adalah menggunakan email dan chat platform seperti membuat grup WhatsApp atau Line. Lebih lanjut, Anda dapat menggunakan blog kelas atau menggunakan Learning Management System (LMS) yang sudah tersedia bebas, seperti Blackboard, Edmodo, Moodle, dsb. Untuk teknologi yang kompleks, maka sangat mungkin menggunakan website kelas yang Anda buat sendiri atau custom LMS yang sesuai dengan kebutuhan sekolah/kampus. Anda juga bisa menggunakan web atau aplikasi untuk membuat game, seperti Kahoot! Atau web-web yang menyediakan simulasi. Tentunya apapun pilihan Anda, teknologi sekali lagi adalah pertimbangan terakhir.


Dalam prakteknya, kelas yang menggunakan teknologi biasanya akan lebih mudah menghadirkan engagement antara guru dan murid, dan lebih dapat mengakomodir berbagai gaya belajar siswa. Namun hal ini bukanlah tanpa hambatan. Anda tidak perlu kaget ketika diawal implementasi teknologi, harapan dan kenyataan tidaklah sesuai. Hal ini sangat lumrah dan selalu membutuhkan penyesuaian untuk semester-semester berikutnya. Implementasi teknologi yang sudah sukses pun belum tentu akan berhasil sepenuhnya pada semester berikutnya. Teknologi yang selalu berkembang pun pada akhirnya menuntut guru untuk terus berubah dan berkembang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s