BERILAH RUANG” GURU” MENJADI BINTANG (bag. 1)

Muhammad Munawar, M.Pd.
Pengawas Sekolah

Sejenak kita keluar di malam hari untuk mengamati kemegahan alam raya ciptaan Tuhan yang Maha Esa. Kita jumpai betapa Indah dan megah alam raya ini. Alam raya tampak indah dan megah karena ada cahaya yang menyinari. Benda bercahaya yang menyinari alam raya ini sehingga kita mampu menikmati kemegahan dan keindahan alam ini bernama bintang.

Tengoklah di siang hari langit tampak biru, awan tampak putih seputih salju, gunung tampak tinggi, pepohonan tampak hijau, dan gelombang lautan tampak biru berbaur buih putih. Fenomena alam semesta ini tak mampu kita nikmati tanpa adanya benda alam yang bernama bintang.

Bintang merupakan benda yang paling berperan penting di alam jagat raya ini. Bintang adalah benda langit yang mempunyai cahaya luar biasa, bintang adalah benda langit yang berenergi luar biasa, bintang adalah benda langit yang memiliki kontribusi luar biasa. Namun, bintang terkadang tampak redup,  sungguh bukan karena cahaya dan energinya yang berkurang atau bahkan hilang, tetapi karena bintang itu sedang tertutup kabut. Maka tatkala kabut itu hilang bintang itu akan mengeluarkan cahaya dan energinya yang luar biasa.

Demikian juga guru-guru kita. Mereka adalah bintang yang bertaburan  di langit atmosfir sekolah kita. Mereka mempunyai potensi yang luar biasa. Mereka siap memancarkan sinarnya untuk kemajuan bangsa. Mereka siap memberikan energinya untuk kebaikan bangsa. Mereka siap melukis anak-anak bangsa menjadi pemimpin dunia. Namun sinar mereka terkadang redup, energi mereka tampak loyo. Tetapi sungguh bukan sinar dan energi mereka yang berkurang atau hilang, tetapi sinar dan energi mereka yang tertutup kabut. Maka tugas kita sebagai pengawas adalah menghilangkan kabut-kabut itu, agar terjadi ledakan potensi guru-guru kita.  Pastilah mereka akan menjadi bintang.

Download soal-soal CPNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *